Apa itu Lensa Prime? Kegunaan, Manfaat, Contohnya

Azis Photowork – Lensa Prime sangat perlu bagi saya seorang photografer. Apalagi saya bekerja di bidang photo wedding, Lensa Prime selalu saya bawa dimana saya bekerja. Semua photografer sangat mementingkan Lensa Prime, baik itu photografer amatir maupun Profesional. Meskipun lensa ini terkesan sederhana, namun, lensa ini menyimpan sejuta keunggulan dibandingkan lensa zoom. Maka dengan banyaknya manfaat lensa ini di artikel ini saya akan membahas kegunaan, manfaat, dan beberapa contoh lensa prime yang saya ketahui. mungkin ini dapat menambah lagi ilmu kalian sehingga sadar pentingnya Lensa tersebut.

Contoh Lensa Prime

Apa Itu Lensa Prime?

Lensa Prime merupakan lensa yang memiliki Focal Length tetap. lensa ini tidak sama seperti lensa zoom yang dapat memperbesar atau memperkecil gambar dengan mengubah focal length, lensa prime berfokus pada satu panjang fokus tertentu. Artinya, jika ingin mendapatkan komposisi yang diperlukan, maka saya harus bergerak maju atau mundur secara demi menghasilkan gambar sesuai yang saya inginkan. jadi untuk mendapatkan komposisi yang dimaksud bukan berarti harus memutar lensanya, karena lensa prime tidak ada roda zoom in atau zoom out.

Dengan tidak adanya komponen tambahan untuk zoom, lensa prime pada umumnya lebih sederhana dalam bekerja. Yang menghasilkan photo dengan ketajaman yang sesuai merek yang digunakan atau pun bisa saya katakan lebih jernih. karena lensa prime pada umunya memiliki ƒ (Aperture) yang lebih besar. sehingga lensa prime banyak menangkap cahaya. Dengan kata lain, meskipun terdengar kurang fleksibel, justru kesederhanaan inilah yang menjadi salah satu keunggulannya.

Apa Kegunaan Lensa Prime?

Lensa prime memiliki banyak kegunaan tergantung photografer itu sendiri. karena lensa ini sangat populer di kalangan fotografer portrait, street photography, dan bahkan landscape. Salah satu alasan utama mengapa lensa ini banyak disukai photografer adalah kemampuannya yang dapat menghasilkan gambar dengan Depth of Field yang dangkal, yang menghasilkan latar belakang terlihat lembut dan Bokeh. Ini memberikan kesan gambar kita lebih indah dan fokus yang lebih tajam pada subjek utama kita photo.

Baca Juga: Apakah Shutter Count Kamera Dibatasi? Berikut Ulasannya

Di sisi lain, lensa prime juga sering digunakan dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Banyak lensa prime yang memiliki Aperture besar, seperti ƒ/1.8 atau bahkan ƒ/1.2, yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke sensor kamera. Ini membuatnya ideal untuk pengambilan gambar di dalam ruangan atau di malam hari tanpa perlu menggunakan ISO terlalu tinggi atau lampu flash.

Contohnya: Seperti lensa Para Umat yang banyak sekali digunakan dikalangan fotografer yaitu lensa Sigma 35mm ƒ/1.4 DG ART. lensa ini memiliki frame yang luas sangat cocok untuk bekerja poto wedding.

Apa Manfaat Lensa Prime?

Jika berbicara manfaatnya, Salah satu manfaat terbesar dari Lensa Prime adalah kualitas gambar yang luar biasa ketajamannya. Karena lensa ini tidak memiliki banyak elemen bergerak seperti lensa zoom, gambar yang dihasilkan cenderung lebih tajam, bahkan pada bukaan aperture terbesar. Hal ini sangat berguna bagi fotografer yang menginginkan detail maksimal dalam setiap foto.

Selain itu, karena konstruksinya yang lebih efektif, Lensa prime juga cenderung menghasilkan lebih sedikit distorsi optik. Lensa ini memiliki kemampuan untuk menghindari berbagai masalah seperti chromatic aberration dan vignetting yang sering terjadi pada lensa zoom. Hasilnya, foto yang dihasilkan lebih bersih, lebih detail, dan memiliki warna yang lebih akurat.

Contoh Lensa Prime yang Populer

Menurut saya untuk saat ini ada beberapa lensa prime yang sangat populer dikalangan fotografer yaitu; Sigma 35mm ƒ/1.4 DG ART yang banyak menyebutnya lensa “Para Umat”, terus ada Canon EF 50mm f/1.2L USM yang memiliki harga luar biasa mahal, namun dibalik mahalnya lenda ini menghasilkan gambar yang sangat bagus. Lensa ini memiliki bukaan lebar yang cocok untuk berbagai keperluan fotografi, terutama portrait dan street photography.

Selain itu, ada juga Nikon 35mm f/1.8G, yang dikenal sebagai lensa serbaguna untuk fotografer yang ingin memotret pemandangan luas atau fotografi jalanan dengan sudut pandang yang lebih lebar. Dengan lensa ini, kamu bisa mendapatkan hasil gambar yang tajam sesuai dengan mereknya.

Menghasilkan Gambar Yang Kreatif

Dengan menggunakan lensa prime, fotografer dituntut untuk lebih kreatif dalam menetapkan komposisi gambar. Karena lensa ini tidak bisa di-zoom, kamu harus maju atau mundur untuk mendapatkan hasil gambar yang terbaik. Ini secara tidak langsung Lensa ini dapat melatih kalian belajar komposisi dan pemahaman akan lokasi saat kalian memotret.

Lensa ini umumnya juga memiliki Aperture besar, fotografer bisa melatih dengan cara Depth of Field. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan efek bokeh yang indah dan memisahkan subjek dari latar belakang, menciptakan gambar yang lebih dramatis dan berfokus. Kreatif yang dihaslikan tidak hanya bergantung pada kemampuan kalian, tetapi juga pada bagaimana kamu memanfaatkan keunikan lensa prime.

Apakah Lensa Prime Cocok untuk Pemula?

Meskipun lensa prime sering dianggap sebagai alat para profesional, menurutsaya lensa ini sangat cocok untuk pemula. Justru, karena keterbatasan zoom-nya, pemula bisa belajar lebih banyak tentang dasar-dasar komposisi, perspektif, dan bagaimana mengatur jarak dengan subjek. Lensa prime juga seringkali lebih murah dibandingkan lensa zoom dengan spesifikasi yang setara.

Dengan kualitas gambar yang lebih baik, pemula juga bisa lebih cepat melihat hasil yang memuaskan. Foto yang tajam dan indah akan memberikan dorongan motivasi untuk terus belajar dan berkembang. Jadi, bagi siapa saja yang baru terjun ke dunia fotografi, lensa prime bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk belajar.

Kesimpulan

Dari Artikel ini dapat saya simpulkan bahwa lensa prime salah satu lensa dengan hasli yang sangat baik bagi setiap fotografer, baik pemula maupun profesional. Keunggulan saat menggunakannya tidak dihiraukan lagi begitupun juga seperti kemampuan dan kualitas gambar.

Dengan memahami semua yang saya jelaskan diatas, kamu bisa memutuskan apakah lensa ini cocok untuk gaya fotografi yang kamu tekuni. Jika kualitas gambar dan kreativitas adalah prioritas utama, maka memiliki lensa prime adalah pilihan yang tepat menurut saya. Terima Kasih

azisphotowork
azisphotowork

Halo, saya seorang fotografer yang percaya bahwa momen-momen kecil dalam kehidupan kita memiliki keindahan yang luar biasa. Saya mengawali dunia fotografi pada awal tahun 2013 dan sampai sekarang.

Articles: 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *